Sabtu, 24 Maret 2012

MEMAKSIMALKAN KONEKSI INTERNET (Internet Cell Boost Lite)


Koneksi internet merupakan alat yang sangat vital untuk menunjang aktifitas pengguna saat berselancar di dunia maya. Akan tetapi sangat terasa kurang bermanfaat suatu jaringan jika tidak didukung dengan kekuatan dan kecepatan alat untuk menjangkau atau mengunduh banyak informasi diluar sana. Permasalahan yang sering terjadi adalah lemahnya sinyal atau mungkin disebabkan oleh jauhnya lokasi antara tempat dimana pengguna internet terhadap menara BTS atau terminal jaringan yang berfungsi sebagai menerima dan mengirim sinyal. Kelemahan ini akan sangat terasa pada pengguna internet yang menggunakan modem sebagai alat aksesnya. Memang permasalahan koneksi jaringan tidak selalu dihubungkan dengan jaringan operator, LAN atau WAN pengguna, namun juga bisa disebabkan oleh Kondisi server situs tujuan dan kondisi komputer melalui atau aktivitas internet user yang cukup padat dan bersamaan. Namun alangkah baiknya permasalahan tersebut dilihat dari sudut pandang kedalam, sehingga perasangka buruk diutamakan pada kondisi jaringan kita sebagai penggunanya.
 
Mengingat kebutuhan internet yang semakin lama hampir setara dengan kebutuhan primer dengan kegiatan antara lain browsing, download, upload, game online dan banyak lagi. Di beberapa kota besar Indonesia seperti Kota Yogyakarta saja kuantitas masyarakat dalam mengakses internet mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahun, sehingga menjadikan permasalahan koneksi dengan akumulasi yang berlipat ganda terutama yang berkaitan dengan jaringan lemah menjadi suatu masalah yang kliasik dan paling menjengkelkan.
            beragam kesulitan dari permasalahan tersebut telah diantisipasi baik oleh penyedia jasa telekomunikasi terhadap kecanggihan alat dalam menangkap jaringan yang semakin lama semakin baik maupun dengan cara teknik manual khusus melalui trik untuk membuat kemampuan loading sistem komputer terhadap jaringan internet mencapai batas maksimal atau menggunakan software khusus yang berfungsi mengoptimalkan kerja komputer atau laptop dengan cara mengatur bandwith yang dilebihkan. Pengertian bandwith yang dilebihkan adalah system operasi seperti Windows akan menyisakan hanya 20% dari total bandwith untuk update system operasi dan Qos sedangkan 80% sisanya digunakan untuk kepentingan sesuai keinginan pengguna internet. Berikut dipilih cara untuk menghilangkan batas bandwith agar menjadi 80% hanya untuk koneksi jaringan internet. Cara singkatnya adalah mempedomani trik Start – Run – gpedit.msc – local computer policy – computer configuration – administrative templates – network – Qos packet scheduler – limit reservable bandwith – pilih disable. Cara dimaksud salah satu cara yang paling sederhana dan telah teruji keberhasilannya.
            Selain cara yang lebih dikenal dengan menggunakan gpedit diatas, pengguna juga bisa menggunakan cara yang dikenal dengan DNS cache yaitu menyimpan history beberapa situs yang pernah dikunjungi, sehingga ketika pengguna mengunjungi kembali situs yang telah tersimpan, maka dengan cepat dimunculkan, karena memory internal komputer diatur otomatis untuk menyimpannya. Namun kiranya terdapat masalah dalam menggunakan cara tersebut, karena disamping memerlukan script yang rumit, juga saat diinstal belum tentu kompatibel dengan seluruh system komputer.
            Disamping penggunaan cara manual sebagai langkah dalam mempercepat koneksi dirasa kurang memuaskan, dewasa ini banyak disediakan software khusus yang dapat didownload secara gratis. Salah satu yang terkenal dinamakan Internet Cell Boost Lite melalui versi terakhir yang bisa dicoba yakni versi 3.0.0. Aplikasi ini selain mudah digunakan juga sifatnya yang sederhana, dengan menggunakan teknik unik untuk meningkatkan koneksi sampai batas maksimal, juga memberikan kecepatan terbaik agar mencapai batas ISP dan hasilnya dapat dirasakan ketika loading atau penyajian data online. Software ini memiliki dua type, yaitu yang bersifat freeware atau dapat didownload secara gratis dan dapat digunakan secara penuh serta yang berbayar. Tentunya sisi komponen akan lebih lengkap ditemukan dalam type software yang berbayar daripada freeware, namun jangan khawatir karena fungsi pokok tetap sama.
Secara harfiah Internet Cell Boost Lite bekerja untuk memaksimalkan berbagai tweak atau system percepatan tersembunyi seperti TCP RFC 1323 dan Secure TCP / IP maksimum Transfer Unit dalam operating system, dan dalam praktek setelah penginstalan berhasil dilakukan pengguna bebas untuk menentukan sendiri tipe koneksi mulai dari modem kabel, nirkabel, modem dial Up, koneksi satelit, fiber optik, dan jaringan tertutup yang biasa diterapkan dalam kampus, sekolah atau perkantoran. Setelah pengguna memilih opsi jenis koneksi yang diinginkan, kemudian program akan memproses ketika pengguna memilih Apply My Custom Optimizations. Hasil setelah beberapa tahap yang dilakukan dapat dilihat langsung pada keterangan yang terletak di pojok kanan atas aplikasi dengan petunjuk Internet Optimized at:, angka prosentase yang muncul menandakan bahwa koneksi internet telah dioptimalkan. Hasil tersebut dapat dibandingkan sebelum dilakukan penginstalan dan pengaturan dengan menggunakan Internet Cell Boost Lite. Keuntungan menggunakan aplikasi ini dirasakan lebih nyata dibandingkan dengan aplikasi – aplikasi dengan fungsi serupa, karena kemampuannya bekerja pada 31 jenis sistem koneksi terkenal, serta mudah digunakan dan tidak perlu restart komputer setelah pengaturan dan pemilihan jenis koneksi. Namun kiranya hanya satu permasalahan yang biasa ditemukan saat menggunakan Internet Cell Boost Lite adalah hasil percepatan yang berbeda pada beberapa komputer atau laptop disebabkan oleh perbedaan kemampuan sistem komputer dalam menerapkan aplikasi ini dengan versi yang berbeda atau perbedaan modem serta kartu yang digunakan oleh para pengguna jaringan internet. Perbedaan hasil tersebut bisa dilihat misalnya pada suatu komputer yang terpengaruh pada kemampuan download file, sedangkan komputer kedua terpengaruh pada kecepatan upload file, mungkin berbeda halnya saat diterapkan pada komputer lainnya.
            Meskipun trik yang digunakan setelah penggunaan Internet Cell Boost Lite mengakibatkan hasil yang berbeda – beda, namun setidaknya ada kemampuan sistem komputer yang meningkat dalam melakukan aktifitas online. Sehingga hadirnya software ini merupakan salah satu pemecah masalah klasik akan koneksi internet yang menjadikan masalah tersebut bukan lagi masalah yang sulit terpecahkan saat ini. - Tersaji -

(Artikel ini pernah dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat Kolom Digital edisi 19 Maret 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar