Kamis, 12 April 2012

ANTARA FIREFOX 9 dan GOOGLE CHROME 2012


Penggunaan web browser masa kini dapat dikatakan sebagai sarana vital yang berfungsi untuk menerima, mempresentasikan, dan sekaligus sebagai jembatan arus informasi dari situs – situs yang terhubung satu sama lain sehingga menjadikan web browser ini sebagai alat utama oleh para pengguna internet. Web browser secara pengertian umum dikatakan suatu bentuk software dengan tugas menerima HTML atau file apapun dari internet yang kemudian menampilkannya kehadapan para pengguna internet tentunya dengan dukungan berbagai fitur baik dari orisinil web browser itu sendiri maupun yang ditambahkan oleh user misalnya bookmark, download manager, e-mail client, dan lainnya.

Industri telekomunikasi melalui berbagai perusahaan teknologi informasi telah mengupayakan sarana vital tersebut ke hadapan dunia yang produknya bisa didownload secara gratis. Web browser notabene sudah banyak bermunculan dari nama dan versi yang berbeda tiap zamannya. Namun kiranya dewasa ini terdapat dua web browser yang selalu konsekuen bertahan pada keunggulannya masing – masing dan selalu memperhatikan kebutuhan trend terhadap sejauh mana penggunaan web browser dimaksud sehingga secara kontinyu meng-update produknya yaitu firefox dari Mozilla dengan firefox 9 dan google chrome dari google dengan google chrome 2012. Pada dasarnya keduanya memiliki banyak persamaan dan tujuan yaitu sama – sama memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.
Firefox, tentunya sudah tidak asing bagi peselancar dunia maya untuk mendengar nama yang satu ini. Sebab aplikasi web browser satu ini bisa dikatakan merupakan web browser yang paling sering mengupdate produknya. Firefox dibawah perusahaan Mozilla membebaskan masyarakat diluar perusahaan untuk menggarap apa yang diinginkan dalam aplikasi tersebut sehingga dalam penggarapan program banyak dikembangkan oleh para programmer seluruh dunia, menjadikan Firefox sebagai proyek yang sifatnya open source. Disamping itu ketidak terikatan Firefox dari campur tangan perusahaannya, membuat Firefox menjadi independent digunakan pada mesin pencari apapun berbeda dari pesaingnya google chrome. Selain itu juga Firefox menegaskan beragam kemudahannya bagi para browser untuk mengelola user interface baik secara text interface (perintah text) sampai menggunakan graphic (gambar).
Terobosan paling terkini dari Firefox adalah dengan meluncurkan update aplikasi Firefox versi 9. Tentunya dengan terupdate-nya aplikasi ini semakin memperbarui kemampuannya beradaptasi terhadap support development / program internet samping lainnya. Keunggulan utama yang paling menonjol dari Firefox 9 adalah meningkatnya mesin JavaScript atau program yang mampu meningkatkan kecepatan browser sedikit melebihi batas memory. Permasalahan satu ini yang sering dikeluhkan oleh para pengguna internet dari produk firefox sebelumnya, namun permasalahan tersebut kiranya telah teratasi karena upaya firefox terbaru ini sudah mengalami perubahan dalam penggunaan memory yang cenderung minim atau hemat. Keunggulan lainya adalah kondisi dimana jika membuka beberapa halaman / plugin yang salah satu halaman tersebut mengalami gangguan baik crash maupun freeze, maka tidak akan mengganggu load dari halaman seluruhnya dan kondisi ini juga tidak didapatkan dalam firefox sebelumnya. Memperhatikan segi keamanan, Firefox memang telah terkenal mempunyai sekuritas yang handal dan dalam produk terbarunya sekuritas itu diperbarui kembali dengan penangkalan terhadap sejumlah virus, Trojan, dan spyware secara otomatis.
Sedangkan di sisi lain pesaing utama Firefox yaitu google chrome dengan update-nya di tahun 2012 ini juga tak kalah dalam memberikan kemajuan inovasi yaitu soal kecepatan browsing, yang mana mempermudah pengguna ketika menuliskan sebuah halaman website atau sebelum alamat tersebut selesai ditulis, google chrome akan berusaha menebak halam yang ingin dibuka tersebut dan mengeksekusinya sehingga secara tidak langsung akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan. Masalah keamanan google chrome versi terbaru ini juga berusaha memperketat jaringan atau firewall-nya demi melindungi system komputer dari serangan malware atau file – file yang diduga berbahaya jika diterima dan dibuka, dengan memberi peringatan kepada penggunanya.
Keunggulan dari firefox add-ons yang tersohor sejak lama kali ini berusaha disaingi oleh chrome yaitu dengan aplikasi extensions, pengguna akan dipermudah menambahkan situs – situs populer maupun aplikasi download yang sesuai dengan keinginan. Penginstalan terhadap extensions ini tergolong mudah dan penambahan situs nantinya akan memunculkan icon – icon tersendiri yang menarik. Pengguna hanya mencantumkan link alamat mana yang akan dijadikan tujuan ketika klik salah satu icon, dan secara langsung web browser mencari dan menampilkan alamat tersebut. Namun dalam prakteknya memang intensitas aplikasi tambahan yang dipasang belum setara dengan add-ons milik firefox. Lebih lagi produk terbaru google ini sayangnya masih dalam tahap uji coba atau versi Beta.
        Dalam terobosannya kali ini kedua web browser mencoba meminimalisir beberapa kekurangan yang sebelumnya telah ditandai oleh para browser berupa penghematan memory sampai percepatan loading, penguatan sekuritas sampai penambahan aplikasi tambahan. Namun semudah dan seefisien apapun web browser tersebut memberikan tawarannya masing – masing tetap memiliki kelebihan maupun kekurangan. Semua dikembalikan kepada pengguna disesuaikan dengan kebutuhan akan berbuat apa ketika melakukan browsing atau surfing di dunia maya. - Tersaji -
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar