Kamis, 02 Agustus 2012

DOLPHIN BROWSER, MESIN PENCARI KREATIF SMARTPHONE


Dewasa ini banyak dikembangkan aplikasi pendukung berupa mesin pencari untuk keperluan pencarian data di internet yang dipasangkan dan terinstal di smartphone baik aplikasi bawaan dan terpasang secara otomatis maupun yang dipasangkan manual oleh pengguna smartphone sendiri. Aplikasi ini muncul di pasaran dengan keunggulan masing – masing, sebut saja dua software pencari besar seperti chrome milik google dan Mozilla milik firefox yang lebih dahulu merambah pasaran ponsel. Dengan kemajuan dan progres angka pengguna smartphone terutama keperluan untuk surfing atau browsing tersebut membuat kemunculan beberapa aplikasi lain yang menawarkan cara kerja yang lebih unggul baik dari segi fitur, cara penggunaan maupun kecepatan kerja atau loading dari mesin pencari yang lahir lebih dulu.
Dari beragam aplikasi yang dimiliki, Dolphin browser patut dicoba sebagai salah satu referensi mesin pencari yang unggul dan bisa digunakan sebagai software alternatif namun tanpa mengesampingkan mesin pencari ternama seperti chrome, Mozilla, dan Opera.
Keunggulan awal yang dimiliki Dolphin browser adalah system pengaturan dan cara install yang mudah, bahkan sebelumnya telah dicoba pada smartphone yang menggunakan system operasi android dan iOS, dan hasilnya terbilang memuaskan. Setelah aplikasi tersebut terpasang maka keunggulan lain mulai bermunculan seperti tampilan yang menarik serta dapat digunakan dengan resiko minimal dari gangguan dan kesalahan.
Kelengkapan fitur juga mengikuti perkembangan komputerisasi jaringan diantaranya adalah fitur Window tab yang berfungsi mengelola tampilan web dengan banyak window atau menampilkan website ternama dan dikelola dan ditempatkan secara bersama dalam satu tab, sehingga pengguna dapat memilihnya dalam sekali geser pada layar, atau memilih tab dengan menggeser bagian lain. Kecanggihan lain adalah fitur Gesture, yang jarang ditemukan pada aplikasi lain yaitu pengguna dapat melakukan perintah dengan satu symbol yang digambarkan di layar sentuh android atau tablet, misalnya untuk back, forward, save, dll, dan bisa juga membuat perintah untuk gesture tertentu yang dibuat sendiri. Teknologi lain adalah Dolphin browser memperhatikan kecepatan pengguna dalam membuka bookmark atau web diary dengan menggunakan fitur Bookmarks widget yaitu fitur yang mampu menampilkan kumpulan web pribadi yang ditampilkan dalam bentuk widget dan ditampilkan dalam beberapa shortcut bergambar di layar depan menu android. Masih banyak fitur lainnya yang familiar karena menyerupai fitur pada browser  umum seperti Add-ons management yang terdapat pada Mozilla, share page dan pengaturan umum lainnya namun dengan kemampuan yang unik dan mengesankan.
Selain perintah tulisan atau fisik, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan perintah lisan melalui suara tentunya dengan bahasa yang telah ditetapkan, teknologi ini dikenal dengan Dholpin sonar. Cara kerjanya juga mudah yaitu goyangkan ponsel, kemudian tekan ikon mikrofon dan katakan situs yang akan dikunjungi, teknologi ini mampu menavigasi fungsi browser lain seperti bookmarks, add-ons, dan sebagainya. Beberapa versi telah diluncurkan Dolphin yaitu V5.3 yang berkonsentrasi pada perbaikan dan ketajaman saat pengguna menekan gambar pada website tertentu, selain itu terdapat versi terakhir yaitu V8.6 yang menonjolkan kemampuan pada koneksi situs yang lebih cepat serta menubar history yang mampu menyimpan catatan browsing lebih dari 30 hari sebelumnya.
Keunggulan yang dijabarkan diatas, rasanya tidak adil jika tidak menyebutkan permasalahan Dolphin browser yang menjadikanya sebagai suatu kelemahan, namun tidak perlu dipusingkan karena kelemahan ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kelebihannya. Diantara kelemahan tersebut adalah Dolphin browser mengalami sedikit masalah pada adobe flash player yang mana program ini berfungsi untuk memutar video flash yang berformat .swf yang terpasang pada situs game, chatting, dan menampilkan video streaming, hal tersebut terjadi karena adobe telah menghentikan dukungannya kepada android dengan alasan yang tidak dimengerti. Kendala lainnya adalah metode penyimpanan atau save page yang tidak bisa dilakukan sama pada setiap ponsel android dengan alasan merk, tipe maupun seri yang berbeda. Bahkan terdapat ponsel dengan system android yang harus mendownload Dolphin browser lagi untuk setiap melakukan penyimpanan halaman atau membuka halaman yang telah disimpan dalam bookmark pribadi, namun rasanya kelemahan tersebut tidak terlalu berpengaruh pada cara kerja pintar yang disajikan oleh aplikasi dimaksud.
Kabar terbaru dari menyebutkan bahwa Dolphin browser mulai masuk ke smartphone Blackberry Playbook yang mampu meningkatkan kecepatan fungsi load saat melakukan browsing, surfing dan kegiatan online lainnya, software ini bisa diunduh secara gratis di Blackberry App World. Dengan semakin banyaknya smartphone ternama yang membuka tangannya menerima aplikasi ini, menambah daftar kesuksesan yang diraih pemilik sekaligus pencipta piranti lunak dengan kantor yang terletak di San Fransisco, Amerika Serikat ini. Tercatat sejak tahun bulan Agustus 2011 situs resmi Dolphin mengumumkan dengan bangga telah berhasil meraih 9 juta downloader atas produknya yaitu Dolphin Browser Mini, Dolphin Browser HD, dan Dolphin for Pad. Sehingga dengan perkembangan dan pembaruan melalui versinya produk Dolphin mampu mengukuhkan diri sebagai salah satu mesin pencari smartphone yang tidak hanya fokus pada kecepatan dan ketepatan pencarian data namun juga penggunaan beragam fitur yang kreatif serta mumpuni sebagai suatu seni dunia maya. - Tersaji -
(Artikel ini dimuat di harian kedaulatan rakyat edisi 30 Juli 2012 kolom digital dengan versi editan)

Download Dolphin Browser terbaru : http://dolphin-browser.com/download/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar